Honda VTEC Turbo

Mesin VTEC Turbo merupakan salah satu teknologi mesin terbaru yang diciptakan Honda untuk memenuhi kebutuhan akan performa yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Berbeda dengan mesin konvensional maupun sistem turbo lainnya, mesin VTEC Turbo dirancang dengan mekanisme yang terinspirasi dari sistem daur ulang, dimana mesin memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam silinder sehingga mampu meningkatkan efisiensi pembakaran untuk menghasilkan tenaga maksimal dengan bahan bakar lebih hemat.

Honda VTEC Turbo menciptakan sistem bahan bakar yang lebih ekonomis and tenaga yang maksimal melalui “Three Vital Technologies”, yaitu:

  1. Direct Injection System and High Tumble Intake Port

Salah satu kekurangan dari mesin turbo adalah pada saat proses pengiriman udara bertekanan tinggi pada mesin. Pada mesin turbo, temperatur dan tekanan akan meningkat dan menyebabkankan engine knock. Sedangkan, VTEC Turbo menggunakan teknologi direct injection untuk menginjeksi bahan bakar secara langsung ke dalam silinder. Hal ini mampu menurunkan temperatur dalam silinder dengan menggunakan suhu dari penguapan bahan bakar. High Tumble Intake Port yang memperkuat aliran udara dan menjaga aliran udara yang masuk ke ruang bakar memungkinkan bahan bakar dibakar dengan lebih cepat dan efisien.

  1. Dual VTC for Intake and Exhaust

Mesin turbo konvensional tidak dapat menghasilkan daya secara evisien pada putaran rendah sehingga menyebabkan respon mesin menjadi lambat. Dengan adanya VTEC Turbo, Valve Timing Control (VTC) akan menyesuaikan waktu katup intake dan katup exhaust untuk terbuka secara bersamaan. Hal ini memungkinkan mesin untuk menghasilkan daya yang efisien bahkan dalam kondisi perputaran mesin rendah.

  1. Turbocharger with Electronic Wastegate

Mesin turbo konvensional akan mengalami pelambatan akselerasi pada saat pedal gas ditekan terlalu dalam. Hal ini dikarenakan energi gas yang dibuang harus bertekanan besar agar mampu memutar turbin yang kemudian meningkatkan jumlah asupan udara. Berbeda dengan VTEC Turbo yang memiliki sistem wastegate elektronik dengan turbin berdiameter kecil sehingga turbin akan berputar secara efisien pada energi gas buang dalam jumlah kecil. Hal ini yang menyebabkan mesin turbo lebih responsif saat pedal gas ditekan.

Di Indonesia, Honda telah menerapkan teknologi mesin VTEC Turbo pada beberapa model mobil seperti All New Honda Civic Turbo (2016), Honda Civic Hatchback Turbo (2017), All New Honda CR-V Turbo (2017), dan Honda Civic Type R (2017). Selain mesin VTEC Turbo, Honda juga telah memperkenalkan transmisi CVT with Earth Dreams Technology di All New Honda CR-V Turbo untuk perpindahan transmisi yang lebih halus, mampu memaksimalkan performa mesin lebih, dan tentunya konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih efisien.

Jadi, tunggu apalagi, Sobat Honda?

Segera kunjungi dealer terdekat di kota Anda dan bawa pulang mobil Honda impian Anda!

Honda!

The Power of Dreams!